Fakta Penting Mengenai Belajar Matematika

Fakta Penting Mengenai Belajar Matematika

Matematika merupakan pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi. Bila melihat kurikulum yang diberlakukan,matematika mendapat porsi waktu yang lebih banyak bila dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. apakah matematika memang sedemikian penting dalam kehidupan seorang dan keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara?

Ya.,. matematika memang sangat penting dipelajari dan dikuasai oleh semua orang.Ketika kita belajar matematika maka kita sedang melatih pola berfikir yang berbeda beda secara kritis dan logis. pikiran kita tak akan begitu saja menerima pernyataan sebelum dibuktikan dengan fakta yang tidak bisa lagi terbantahkan. Misalkan satu contoh kasus persamaan linier satu variabel, dengan variabel berupa x. Bila kita hanya memandang x tanpa melihat kemungkinan kemungkinan yang lain maka kita akan gagal dalam belajar matematika. contoh, seorang guru meminta peserta didiknya untuk mencari nilai 2x + 5 bila 4x - 6 = 14. Bila anak telah memahami dengan benar konsep persamaan linier satu variabel maka anak tersebut tidak akan mengalami masalah. Tapi bila anak belum memahami dengan sedetail detailnya,maka pasti akan mengalami kebingungan yang luar biasa.

Kebingungan itu sebenarnya tidak perlu terjadi manakala sang guru mampu menyampaikannya dengan strategi yang paling mudah diterima anak. Jhon simonton pernah berkata,murid besar pasti punya guru yang besar pula. seperti apapun kemampuan anak,bila dia mendapatkan guru yang tepat,maka dia akan berkembang hebat. Anak hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru yang mengajarkannya. Pengajaran yang salah berakibat pada ketidakmengertiaan anak akan konsep yang diajarkan. Untuk menilai keberhasilan belajar kita tak perlu repot menanyakan siapa pengajarnya, tapi kita cukup melihat hasil dari proses yang diajarkannya.

Saat ini pengajaran hanya terpusat pada materi dan könsep yang membuat anak didik enggan untuk memahami. Tentu ada yang salah dengan semua kenyataan yang tak bisa ditutup tutupi lagi. Silahkan anda bertanya ke beberapa anak mengenai pelajaran yang paling dibenci oleh anak. Bisa dipastikan kebanyakan akan menjawab matematika. Coba anda tanya alasan mereka, maka anda akan mendapatkan kata kata begini, matematika itu susah, bingung, gak mudeng, rumit, dan gurunya galak.
Itulah fakta yang kini menjangkiti sebagian besar anak indonesia. Bila generasi penerus enggan belajar logika dan matematika maka kelak mereka hanya akan jadi budak terhina

5000 Pembaca Berbagi Ini Ke: Facebook Twitter Google+